Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG i
©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
BAHASA INGGRIS
SMA/MA
Program Studi IPA/IPS/Bahasa
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN
PANDUAN MATERI
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2004/2005
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG i
KATA PENGANTAR
Dalam rangka sosialisasi kebijakan dan persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian
Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2004/2005, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas menyiapkan
panduan materi untuk setiap mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Panduan
tersebut mencakup:
1. Gambaran Umum Format dan Bentuk Ujian
2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Ruang Lingkup Materi
3. Contoh Spesifikasi Soal
4. Pedoman Penskoran
Panduan ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi sekolah/madrasah dalam mempersiapkan penyelenggaraan
Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, serta sebagai informasi dan acuan bagi peserta didik, guru, dan pihak-pihak
terkait dalam menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah/Madrasah.
Semoga panduan ini digunakan sebagai acuan oleh semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Ujian
Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2004/2005.
Jakarta, Januari 2005
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan,
Balitbang Depdiknas
Bahrul Hayat, Ph.D.
NIP. 131 602 652
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG ii
DAFTAR ISI
Halaman
Kata pengantar ................................................................................................................................ i
Daftar Isi ......................................................................................................................................... ii
Gambaran Umum ............................................................................................................................. 1
Standar Kompetensi Lulusan ........................................................................................................... 2
Contoh Spesifikasi Soal ................................................................................................................... 5
Langkah-langkah penskoran ............................................................................................................ 18
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 1
Gambaran Umum
1. Pada ujian nasional tahun pelajaran 2004/2005 untuk sekolah piloting kurikulum 2004 dan sekolah
lain yang telah menggunakan kurikulum 2004 secara mandiri, bentuk tes bahasa Inggris tingkat
SMA/MA berupa tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda.
2. Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah kurikulum 2004, Standar
Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris, dan Standar Kompetensi Lulusan.
3. Materi yang diujikan dimaksudkan untuk mengukur ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan.
4. Materi yang diujikan digunakan untuk mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan meliputi
keterampilan “listening dan reading”. Ujian “reading” meliputi isi teks, langkah-langkah retorika,
struktur dan vocabulary.
CATATAN
* Ujian tertulis (paper and pencil) yang berupa pilihan ganda (Listening dan Reading) untuk jurusan
IPA, IPS, dan Bahasa adalah sama.
* Perbedaan ujian praktik IPA, IPS, dan Bahasa terletak pada :
IPA dan IPS : Monolog
Speaking
Bahasa : Public Speaking
IPA dan IPS : Menulis sebuah jenis teks
Writing Bahasa : Merespon teks dengan melakukan rekreasi imajinatif
secara tertulis
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 2
Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi
1 2
1. Siswa mampu memahami wacana
transaksional dan interpersonal ringan
(misalnya: perkenalan, jual beli, instruksi
guru, dan reaksi spontan) dan atau monolog
lisan berkenaan dengan wacana narrative,
procedure, spoof/recount, report, news
item, descriptive, anecdote, exposition,
explanation, discussion, commentary, dan
review.
Merespon berbagai tindak tutur di dalam wacana
• Transaksional dan Interpersonal ringan seperti :
Menerima barang/jasa, berkenalan, bertemu, berpisah,
menyetujui undangan/ajakan/tawaran,
menyuruh/mengajak, menerima janji dan pembatalan
janji, menyampaikan undangan/tawaran, membalas
ungkapan terima kasih dan pujian dan ucapan selamat,
memuji dan memberi selamat, menunjukkan perhatian,
terkejut, embarrassment, pain, relief, fear, annoyance,
mengusulkan, memohon, memberi instruksi,
memerintah, menasehati, memperingatkan, membujuk,
mendorong semangat, mencegah, meminta,
mengabulkan, menolak permohonan, mengelak,
mengkritik, menyalahkan, menuduh, mengakui
kesalahan, menyangkal, menyesali, meminta, memberi
maaf.
• Monolog dalam bentuk:
Recount, spoof, news item, report, narrative,
descriptive, anecdote, analytical exposition, hortatory
exposition, review, commentary, explanation,
discussion.
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 3
1 2
2. Siswa mampu mengungkapkan makna
wacana transaksional dan atau monolog
lisan terutama dalam wacana narrative,
procedure, spoof/recount, report, news
item, descriptive, anecdote, exposition,
explanation, discussion, commentary, dan
review.
Merespon berbagai tindak tutur di dalam wacana
• Transaksional dan percakapan interpersonal, seperti:
Menerima barang/jasa, berkenalan, bertemu, berpisah,
menyetujui undangan/ajakan/ tawaran,
menyuruh/mengajak, menerima janji dan pembatalan
janji, menyampaikan undangan/tawaran, membalas
ungkapan terima kasih, membalas pujian dan ucapan
selamat, memuji dan memberi selamat, menunjukkan
perhatian, terkejut, embarrassment, pain, relief, fear,
annoyance, mengusulkan, memohon, memberi
instruksi, memerintah, menasehati, memperingatkan,
membujuk, mendorong semangat, mencegah, meminta,
mengabulkan, menolak permohonan, mengelak,
mengkritik, menyalahkan, menuduh, mengakui
kesalahan, menyangkal, menyesali, meminta, memberi
maaf.
• Monolog dalam bentuk:
Recount, spoof, news item, report, narrative,
descriptive, anecdote, analytical exposition, hortatory
exposition, review, commentary, explanation,
discussion, procedure.
3. Siswa mampu memahami nuansa makna
dan langkah-langkah pengembangan
retorika di dalam teks tertulis berbentuk
narrative, procedure, spoof/recount, report,
news item, descriptive, anecdote,
exposition, explanation, discussion,
commentary, dan review.
● Memahami nuansa makna dalam teks seperti:
Mengidentifikasi kerangka teks (generic structure)
yang dibaca/susunan unsur kalimat dalam wacana
(textual meaning)/makna gagasan dari teks yang
dibaca (gagasan utama, informasi rinci, info faktual
makna kata, frasa, kalimat)/tujuan komunikasi dari
teks yang dibaca/struktur dominan dalam teks/ makna
gagasan (ideasional).
• Langkah-langkah pengembangan retorika di dalam
teks tertulis berbentuk narrative, procedure,
spoof/recount, report news item, anecdote, analytical
exposition, hortatory exposition, discussion,
commentary, dan review. (eg. orientasi, evaluasi,
komplikasi, resolusi, untuk teks naratif).
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 4
1 2
4.Siswa mampu mengungkapkan nuansa
makna dengan langkah-langkah
pengembangan retorika yang benar di
dalam teks tertulis berbentuk narrative,
procedure, spoof/recount, report, news
item, descriptive, anecdote, exposition,
explanation, discussion, commentary, dan
review.
• Menulis kalimat fungsional sederhana seperti :
Menulis pesan/pengumuman singkat dan sederhana/
kartu ucapan, menulis teks-teks berbentuk
narrative/deskriptif/recount/anekdot/laporan dan
prosedur, menulis surat pribadi yang melibatkan jenis
teks tertentu atau E-Mail yang interaktif,
menggunakan piranti kohesi/koherensi,
mendemonstrasikan keterampilan dasar
(menggunakan tata bahasa, tanda baca, ejaan dan
tanda tulis dengan akurat. Menulis gagasan utama.
Mengelaborasi gagasan utama. Menggunakan register
yang tepat), membuat draft, menulis teks untuk
kebutuhan sehari-hari seperti surat permintaan ijin.
Keterangan : SKL 1 dan SKL 3 diujikan secara nasional
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 5
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA / IPS / Bahasa
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk penilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan :
Listening.
Siswa mampu memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan (misalnya:
perkenalan, jual beli,instruksi guru, dan reaksi spontan) dan atau monolog lisan
berkenaan dengan wacana narrative, procedure,spoof/recount, report, news item, descriptive, anecdote,exposition, explanation, discussion, commentary, dan review.
Ruang Lingkup Materi : Merespon tindak tutur di dalam wacana interpersonal atau
basa basi.
Indikator : Diperdengarkan sebuah “exchange” (Tanya/jawab) dengan lebih dari dua pertukaran peran, siswa dapat menentukan:
No. Soal : 1.a. Informasi tertentu dari percakapan yang didengar.
1.b. Inti dari percakapan yang didengar.
Contoh Soal :
Rekaman
A : Hi Ben. How are you?
B : Not bad. Thanks. And yourself?
A : Fine. Thanks.
B : Good weather, isn’t it?
A : Yes ... better than last week.
B : I know. That was terrible, don’t you think?
A : Indeed. I had never seen such heavy rain in my life.
B : Neither had I.
A : It was pouring!
B : It was, wasn’t it?
A : The wind blew trees down. One of those trees fell on my neighbour’s car.
B : That’s too bad.
A : Yeah. Now if you’ll excuse me, I’ve got a class to attend. See you.
B : See you. Bye.
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG
6
Ditulis di lembar jawaban siswa:
Narrator :
This conversation is between ....
a. two close friends
b. two strangers
c. a teacher and a student
d. a news reader and a listener
Kunci : A
Narrator :
What did they talk about?
a. To forecast the weather.
b. To tell what is going to happen.
c. To have something to talk about.
d. To discuss bad weather.
Kunci : D
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 7
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA / IPS / Bahasa
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk penilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan : Listening. Siswa mampu memahami wacana transaksional
dan interpersonal ringan (misalnya: perkenalan, jual beli,instruksi guru, dan reaksi spontan) dan atau monolog lisanberkenaan dengan wacana narrative, procedure,
spoof/recount, report, news item, descriptive, anecdote,exposition, explanation, discussion, commentary, dan review.
Ruang Lingkup Materi : Merespon tindak tutur di dalam wacana transaksional.
Indikator : Diperdengarkan sebuah “exchange” (Tanya/jawab) dengan
lebih dari dua pertukaran peran, siswa dapat menentukan:
No. Soal : 2. informasi tertentu dari percakapan yang didengar Contoh Soal :
Rekaman:
Woman : Ben, did you buy any ice cream?
Man : No. I only bought some bread, milk, and apples.
Woman : Oh okay. I’ll buy the ice cream then.
Contoh soal transaksional
Narrator:
What did the man buy?
Ditulis di lembar jawaban siswa:
Kunci : D
a. roti tawar,jeruk dan sekotak susu es krim,sekotaksusu, apel
apel, es krim,
roti tawar
roti tawar,
sekotak susu,
beberapa apel
b. c. d.
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 8
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA / IPS / Bahasa
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk penilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan : Listening. Siswa mampu memahami wacana transaksional
dan interpersonal ringan (misalnya: perkenalan, jual beli,
instruksi guru, dan reaksi spontan) dan atau monolog lisan
berkenaan dengan wacana narrative, procedure,
spoof/recount, report, news item, descriptive, anecdote,
exposition, explanation, discussion, commentary, dan review.
Ruang Lingkup Materi : Monolog dalam bentuk “Anekdot”
Indikator : Diperdengarkan teks monolog berbentuk “Anekdot,” siswa
dapat menentukan satu jawaban yang benar tentang:
* Informasi yang spesifik (soal no.3)
* Orientation (the setting) (soal no.4)
* Tujuan komunikasi (soal no.5)
No. Soal : (3 – 5)
Contoh Soal :
Rekaman:
Billy lived on a quiet street in a big city. His mother sometimes took him to the park to
play, but when she was busy, he played in the street. One evening Billy’s father gave him a
beautiful new ball, and the next morning Billy went out into the street to play with it. He
played happily for a few minutes, but then a big dog came a long. When the dog saw the ball,
he wanted to play with it too.
Billy picked the ball up and held it above his head. He didn’t want the big dog to take it
and run away with it, but the dog jumped up and knocked him over.
Billy’s mother came out of the house and ran to him at once. “Did he bite you?” she
asked.
“No, he didn’t bite me,” Billy answered, “but he tasted me.”
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 9
Contoh lain :
Monolog (report)
Snakes are reptiles. These cold-blooded creatures belong to the same group as lizards.
Snakes have no legs, but a long time ago they had claws to help them slitter along.
Snakes often sunbathe on rocks in the warm weather. This is because snakes are cold-blooded and they need
the sun’s warmth to heat their body up.
Most snakes live in the country. Some types of snakes live in trees, some live in water, but most live on the
ground in thick, long grass and in old logs.
3. Narrator : What was Billy doing when the dog came along?
Ditulis di lembar jawaban siswa :
a. He was playing with the dog.
b. He was playing with a ball.
c. He was running.
d. He was helping his mother.
Kunci : B
4. Narrator : Where did the accident take place?
Ditulis di lembar jawaban siswa :
a. At home.
b. In the park.
c. In a big city.
d. On the street.
Kunci : D
5. Narrator : What was the story about?
Ditulis di lembar jawaban siswa :
a. Billy’s mother was playing with him.
b. Billy’s mother was helping his father.
c. Billy’s father was giving a new ball.
d. Billy was playing with a ball on the street.
Kunci : D
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 10
Contoh soal
Narrator : 6. The text you just heard is a ... .
Ditulis di lembar jawaban siswa :
a. recount
b. report
c. description
d. review
Kunci : B
Narrator : 7. Snakes belong to the same group as ... .
Ditulis di lembar jawaban siswa :
a. lizards
b. crabs
c. cold-blooded creatures
d. warm-blooded animals
Kunci : A
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 11
Soal Reading
*Soal reading dimulai dengan soal-soal mengenai isi bacaan sebagaimana soal reading comprehension pada
umumnya.
*Soal juga diarahkan ke tata bahasa dan kosa kata yang digunakan dalam bacaan. Dalam contoh ini terdapat
unsur-unsur singular-plural, present tense, pola pasif, kata kerja tindakan dsb.
*Selain soal-soal di atas, terdapat pertanyaan mengenai genre, misalnya:
The genre of the text is:
a. Description
b. Explanation
c. Report
d. Exposition
The first sentence functions as:
a. description
b. phenomenon
c. orientation
d. setting the scenes
Memahami Nuansa Makna
Contoh Teks (Explanation)
How are sedimentary rocks formed?
Sedimentary rock is formed by the compassion of layers of particles into a solid form. Sediments such as sand
and mud settle onto the floor of oceans and lakes. Over a long period of time, several layers of sediments
collect on the floor. These layers are pressed together for many thousands of years, fusing the small solid
particles of mud and sand to form solid rock. This type of rock is called sedimentary rock.
Selain itu, digunakan juga teks-teks transaksional kecil seperti pengumuman atau notices seperti:
Never leave luggage unattended.
Throw away any remaining medicine within one month after opening this bottle.
Did I leave a book in your house? The problem is it’s not mine.
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 12
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA / IPS / Bahasa
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk penilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan : Reading. Siswa mampu memahami nuansa makna dan
langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks
tertulis berbentuk narrative, procedure, spoof/recount, report,
news item, descriptive, anecdote, exposition, explanation,
discussion, commentary, and review.
Ruang Lingkup Materi : Mengidentifikasi makna gagasan dari teks yang dibaca
(gagasan utama, informasi rinci, info faktual, makna
kata/frasa).
Indikator : Diberikan teks bacaan “Descriptive,” siswa dapat
menentukan satu jawaban yang benar tentang:
* Ciri-ciri (Characteristics) keadaan seseorang (soal no.6)
* Bagian-bagian (parts) yang di deskripsikan (soal no.7)
* Makna kata/frasa dari teks bacaan (soal no.8)
No. Soal : (6 – 8)
Contoh Soal : Soal no. 6 – 8 berdasarkan teks berikut ini!
When I get hungry, my throat runs dry, as dry as a desert waiting to be drenched with
torrential rains. My stomach is a deep empty well longing to be filled, grumbling and growling
as all animals in the well die for food. My whole body becomes a ghost town any life or colour.
But then the welcome sign of the big restaurant room is on the horizon. Is it a mirage?
My body lurches toward the oasis. I drive for a drink and slam it down into mouth. The
desert turns into lush green pastures and the ghost town turns into a thriving city.....
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 13
6. How does the hungry person feel?
a. His/her body lurches toward the oasis.
b. He/she becomes bad tempered.
c. His/her whole body becomes a ghost town without any life and colour.
d. He/she grumbles and growls like animals.
Kunci : C
7. What parts of the body are very sensitive when hungry?
a. Throat and stomach.
b. Mouth and stomach.
c. Eyes, mouth and stomach.
d. All parts of the body.
Kunci : A
8. My stomach is a deep empty well longing to be filled, grumbling and growling.
The underlined word has the similar meaning to ....
a. getting angry
b. complaining
c. annoyed
d. feeling worried
Kunci : B
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 14
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA / IPS / Bahasa
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk penilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan : Reading. Siswa mampu memahami nuansa makna dan
langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks
tertulis berbentuk narrative, procedure, spoof/recount, report,
news item, descriptive, anecdote, exposition, explanation,
discussion, commentary, and review.
Ruang Lingkup Materi : Mengidentifikasi makna gagasan (ideasional) dari teks yang
dibaca (main ideas), struktur dominan dalam teks dan
susunan unsur kalimat.
Indikator : Diberikan teks bacaan “Recount,” siswa dapat menentukan
satu jawaban yang benar tentang:
* Ide utama (main ideas) dalam suatu paragraph (soal no.9)
* Struktur dominan dalam teks (soal no.10)
* Susunan unsur kalimat (soal no.11)
No. Soal : (9 – 11)
Contoh Soal : Soal no. 9 – 11 berdasarkan teks berikut ini!
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 15
The History of Electronic Communication
In the past people used different ways to communicate over long distances, such as smoke
signals, drums and flags. Investigations such as the telephone, radio and television made
communication over greater distances possible.
In 1837, Samuel Morse invented a system that transmitted sound pulses through wire.
These sounds were sent and received by an operator who knew the special Morse Code. This
allowed communication over long distances.
On March 1876, Alexander Graham Bell invented the first telephone. A human voice was
sent through a long wire using magnets and an electronic current. He spoke to his friend and a
fellow inventor, Thomas Watson, who was in another room.
During this century many more forms of technology have been invented that allow people
to communicate over long distances and even keep a record of that communication. Fax
machines send printed information anywhere in the world. In the future, new technology will
continue to make long distances electronic communication even faster and more efficient.
9. What is the main idea of the third paragraph?
a. The invention of communication equipments.
b. Thomas found the first communication system.
c. Transmitting a human voice through an electronic current.
d. Alexander found the first telephone.
Kunci : D
10. Based on the text above, the structure of the reading text consists of ...
a. Orientation, complication, and resolution.
b. Orientation, statement of significance and record of the events.
c. General statements and description.
d. Aim, materials, method and evaluation.
Kunci : B
11. Alexander spoke to Thomas, he was in another room.
We can also say : ...
a. Alexander spoke to, Thomas, was in another room.
b. Alexander spoke to, Thomas, whom he was in another room.
c. Alexander spoke to Thomas, who was in another room.
d. Alexander spoke to, Thomas, that he was in another room.
Kunci : C
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 16
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA / IPS / Bahasa
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk penilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan : Reading.
Siswa mampu memahami nuansa makna dan langkahlangkah
pengembangan retorika di dalam teks tertulis
berbentuk narrative, procedure, spoof/recount, report, news
item, descriptive, anecdote, exposition, explanation,
discussion, commentary, and review.
Ruang Lingkup Materi : Mengidentifikasi makna gagasan dari teks yang dibaca
(menggunakan makna kata/frasa dalam teks bacaan).
Indikator : Diberikan teks bacaan berbentuk “Report” yang belum
lengkap, siswa dapat menentukan makna kata yang benar
untuk melengkapi teks bacaan tersebut.
No. Soal : 12 – 14
Contoh Soal :
For questions no. 12 to 14 choose the correct word/phrase to complete the paragraph!
The heart is a (12) ... organ of muscle. The function of the heart is to (13)... the blood through
the body. The heart is (14) ... up of four chambers, but has two hard working pumps; one is to
force blood to lungs and the other to force to the rest of the body.
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 17
12. ....
a. small
b. unique
c. huge
d. strong
Kunci : C
13. ....
a. pump
b. take
c. bring
d. flow
Kunci : A
14. ....
a. connected
b. divided
c. joined
d. made
Kunci : D
Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004
DEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 18
PENGHITUNGAN NILAI AKHIR
TES TERTULIS BAHASA INGGRIS
• UJIAN TERTULIS
Bentuk Soal Penskoran
Pilihan Ganda Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu) dan bila
salah diberi skor 0 (nol)
Keterampilan Jumlah soal
Listening 20
Reading 30
Total 50
Contoh perhitungan nilai akhir :
Rumus: s: x 10
Jumlah soal
Jumlah jawaban benar
Misalnya Syarafina menjawab benar 45 dari 50 soal. Maka nilai akhir ujian tertulisnya adalah 9.
10 9
50
45 × =
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment